02/10/16

Prospek Kerja Jurusan Astronomi Incaran

Prospek dan peluang kerja jurusan astronomi – Astronomi adalah ilmu yang memepelajari benda-benda langit termasuk di dalamnya mempelajari aspek fisika, kimia, biologi, dan juga evolusi dari benda-benda tersebut. Tak hanya itu, astronomi juga mempelajari fenomena di luar atmosfer Bumi, seperti ledakan supernova, ledakan sinar-gamma, radiasi latar belakang mikrokosmik dll. Astronomi berbeda dengan astrologi, kalo astrologi berhubungan dengan ramalan cinta, keuangan, dan karier yang biasanya di iklankan di tv –tv.
Prospek-kerja-astronomi-peluang

Mengenal Lebih Dekat jurusan astronomi

Program studi Astronomi sendiri terdiri atas 3 bidang keahlian yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi. Pada proses perkuliahannya teman-teman akan mendapatkan banyak ilmu yang menarik seperti pada kuliah Lintasan Satelit yang lebih mengarah pada Astronautika, Pengantar Instrumentasi Astronomi yang memperkenalkan kemajuan teknologi instrumentasi dalam Astronomi, dan Sistem Kalender yang nantinya dapat digunakan juga untuk penentuan hilal, yaitu penentuan awal bulan pada sistem penanggalan Islam. 

Prospek dan peluang kerja jurusan astronomi


1. Tenaga Pengajar
Jurusan astronomi membutuhkan tenaga pengajar sebagai dosen diberbagai universitas yang terdapat jurusan astronomi. Selain itu juga lulusan astronomi banyak diminta sebagai dosen pengajar pada mata kuliah fisika. Ini dikarenakan astronomi berhubungan erat juga dengan pelajaran fisika. Untuk menjadi dosen ada beberapa syarat yang kamu harus penuhi, salah satunya melanjutkan pendidikan S2. Selain dosen, tenaga pengajar seperti guru juga banyak yang membutuhkan untuk mengisi kekosongan guru di mata pelajaran sains / IPA.

2. Lembaga antariksa dan penelitian, observatorium
Di Asia Tenggara, negara-negaranya yang semakin sadar akan pentingnya Astronomi, membangun jaringan yang dinamakan SEAN (South East Asia Networking). Dipercaya bahwa Indonesia akan menjadi pusat SDM untuk jaringan ini karena Astronomi ITB masih merupakan satu-satunya pendidikan formal ilmu Astronomi di Asia Tenggara. LAPAN dan observarium boscha ITB siap menerima lulusan dari astronomi.

3. Planetarium
Planetarium banyak membutuhkan lulusan dari astronomi. Bagi yang belum mengetahui planetarium itu apa, berikut ini penjelasannya. Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur. Planetarium tertua ini letaknya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

4. Peneliti Profesional
Untuk kamu yang suka mencari tau, peneliti cocok untuk kamu. Lahan pekerjaan asronomi bukan hanya di dalam negeri saja, tetapi diluar negri banyak yang menanti anda. Contohnya, dibangunnya teleskop radio, maupun teleskop optik di berbagai belahan dunia menjadi kesempatan bagi para astronom untuk memperoleh pekerjaan. Kuncinya, kemauan untuk melihat ke luar negaranya dan tidak hanya terpaku pada kesempatan di negara sendiri.

Jurusan kuliah astronomi ternyata memiliki banyak peminatnya, lho. Mereka yang memilih jurusan astronomi biasanya memang karena menyukai segala macam hal berhubungan dengan bintang, planet, asteroid, komet hingga meteorid. Segala macam jurusan juga memiliki keunggulan dan keuntungannya, termasuk jurusan astronomi ini. Yuk liat apa aja sih keuntungan mempelajari jurusan ini.

Universitas untuk jurusan Astronomi
Hingga saat ini jurusan astronomi baru ada di ITB (institute teknologi Bandung) saja. ini dikarenakan jurusan astronomi di asia tenggara baru hanya ada 1 saja yaitu di ITB saja.
Itu saja informasi tentang astronomi, prospek kerjanya dan universitas yang ada jurusan astronominya.

Artikel Terkait

Prospek Kerja Jurusan Astronomi Incaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email