20/10/16

5 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Fisika

Peluang dan Prospek Kerja Fisika- Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos. Fisika mengambil peran penting dalam 400 tahun terakhir ini; dari penemuan Newton mengenai gravitasi hingga Teori Relativitas Einstein. Ilmu Fisika memberikan pengetahuan yang lebih mendetil tentang bumi dan juga turut berperan dalam perkembangan teknologi.
5 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Fisika

Ilmu Fisika adalah ilmu yang sangat menarik untuk dipelajari, karena setiap hari kita pasti mengalami berbagai masalah yang berhubungan dengan penerapan ilmu fisika. Contohnya saat kita naik sepeda tentu banyak sekali peristiwa dari fisika seperti gaya gesek, kecepatan, perputaran, dll.

Jika Anda menyenangi Ilmu Pengetahuan dan mempunyai rasa ingin tahu terhadap cara kerja dunia di sekitar Anda, mungkin Fisika adalah bidang yang cocok untuk Anda tekuni. Jika Anda ingin mempelajari Fisika, sebaiknya Anda mempunyai dasar yang cukup kuat di mata pelajaran Matematika, terutama Aljabar. Selain harus kuat menghafal teori, Jurusan Fisika juga banyak melibatkan kegiatan praktek dan penelitian . Oleh karena itu, ketelitian dan daya analisa yang tinggi sangat dibutuhkan di jurusan ini.

Selain diminati calon mahasiswa baru ternyata jurusan fisika ini mempunyai banyak lowongan pekerjaan baik di perusahaan maupun instansi pemerintahan bahkan bisa mendirikan lapangan pekerjaan sendiri. Berikut ini merupakan prospek kerja lulusan fisika yang perlu anda ketahui.

Pemerintahan
Untuk lulusan fisika ini bisa bekerja di pemerintahan Indonesia seperti Pemda (Pemerintah Daerah), Batan, Dinas Pendidikan, Bapeten, BPS (Badan Pusat Statistika), Badan Standarisasi Nasional, Lapan, LIPI, dan masih banyak lagi.  

Tenaga Pengajar
Lulusan ilmu matematika banyak dicari sebagai tenaga pengajar baik itu guru atau pun dosen.  Kebutuhan akan Tenaga pengajar dengan seiringnya perjalanan waktu tidak akan pernah tutup. Maksud dari tidak pernah tutup adalah setiap tahunnya kebutuhan akan tenaga pengajar dibutuhkan untuk mengisi kekosongan sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, dan MA yang ada diindonesia. Oleh karena itu akan terus bergenerasi. Selain itu juga sebagian orang memerlukan tenaga pengajar untuk jam tambahan belajar seperti les matematika.

Swasta dan BUMN
Berbagai perusahaan swasta dan BUMN sangat membutuhkan lulusan Fisika seperti Pertamina, PT. Telkom, Perbankan, serta berbagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi masa kini yang tentunya membutuhkan orang fisika untuk berbagai keperluan. Selain itu lulusan fisika juga dibutuhkan dipertambangan dan industri kontraktor bangunan. 

Dosen Fisika
Dengan perkembangan teknologi yang maju tentu lulusan fisika sangat dibutuhkan bagi banyak perusahaan sehingga tak heran banyak perguruan tinggi membuka program ini. Dan lowongan untuk menjadi dosen pun meningkat serta masih sangat luas untuk jurusan ini. 

Wirausaha Fisika
Dengan kemampuan yang dimilikinya dan kemampuan skills yang didapatkan selama perkuliahan tentu lulusan ini bisa mendirikan peluang kerja serta menciptakan lowongan pekerjaan untuk orang lain. Baik pekerjaan yang berhubungan dengan fisika maupun ilmu lainya yang ada. 

Tempat Kuliah Program Fisika
Untuk tempat perkuliahan jurusan ini biasanya pada setiap perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta menyelenggarakan program studi fisika. Misalnya Fisika UI, Fisika ITS, Fisika ITB, dan Fisika UPI, fisika IPB, serta masih banyak lagi perguruan tinggi lain.



Artikel Terkait

5 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Fisika
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

9 November 2016 14.33 delete

Temenku banyak nih yang masuk jurusan fisika, dan ternyata lumayan juga katanya bagi mereka,
Salam kerajinan

Reply
avatar